ads
Selasa, 28 Oktober 2014

Mubes IMPP Yogyakarta dan Hari Sumpah Pemuda

Yogyakarta, 26 oktober 2014 bertempat Jalan Taman Siswa Gg VI UH III/898 Yogyakarta lahirlah sejarah baru dari IMPP Yogya (Ikatan Mahasiswa Pelajar Pemalang-Yogya). Pada hari itu dimana diadakannya Musyawarah Besar IMPP Yogya (Mubes IMPP Yogya). Mubes IMPP Yogya merupakan acara tahunan untuk memilih ketua IMPP yogya yang baru. Selain itu mubes ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja kegiatan IMPP Yogya selama satu tahun periode kepengurusan. Agenda mubes meliputi pemilihan pimpinan sidang Mubes, pembahasan tata tertib persidangan, pembahasan AD/ART dan GBHK, Presentasi Laporan Pertanggungjawaban pengurus IMPP, dan pemilihan Ketua baru IMPP, serta pemilihan dewan formatur.
Acara ini diikuti oleh mahasiswa Pemalang yang kuliah diseluruh perguruan tinggi di wilayah Yogyakarta, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Peserta yang hadir dalam Mubes berjumlah 63 mahasiwa yang terdiri dari mahasiswa UGM, UNY, UIN SUKA, UMY, UTY, YKPN, STTN, APMD, AKBID dll. Dalam acara ini, antusiasme mahasiswa Pemalang untuk berkontribusi ke daerah sangat tinggi. Hal ini terlihat dari mahasiswa yang menyanggah ataupun memberikan pendapat saat persidangan dalam mubes, sehingga kegiatan Mubes ini menghabiskan waktu yang cukup panjang yaitu sekitar kurang lebih 9 jam (dimulai pukul 09.00 WIB-Pukul 18.00 WIB). Ini menandakan adanya semangat kepemudaan yang tinggi dalam diri mahasiswa Pelajar Pemalang-Yogyakarta.
Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah. Jika dilihat dari historis Indonesia. Peranan pemuda di Indonesia sangat penting dalam bangsa dan tanah air. Bukti peran pemuda tersebut berupa Peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah Pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.
Kedekatan mubes IMPP Yogya dengan peringatan Hari sumpah Pemuda memberikan suatu harapan baru untuk kedepannya agar mahasiswa-mahasiswa Pemalang memiliki jiwa kepemudaan sebagai tonggak pergerakan untuk berkontribusi membangun Pemalang bersama-sama.

0 komentar: