ads
Sabtu, 25 Februari 2012

Mungkin bayangan teman-teman mengenai candi abang adalah tumpukan batuan kuno jaman majapahit yang udah lumutan atau sekedar tempat mistis yang menyeramkan..hehehe. Bukan kawan.. candi abang merupakan sebuah bukit di wilayah berbah yang sangat hijau dan memukau. Kenapa dinamakan candi abang? Itu semua karena bukit tersebut merupakan bangunan candi yang terbuat dari batu bata yang berwarna abang (merah).

Teman-teman semua pasti tahu pada awal pembangunan candi, candi dibangun step by step secara vertikal ke atas. Nah jaman dulu kan belum ada tangga besi atau alat katrol tuh, makanya para arsitek jaman kerajaan majapahit mengubur candi untuk menggantikan fungsi tangga. Tanah yang mengubur candi tersebut digunakan sebagai pijakan untuk menyusun konstruksi diatasnya secara vertikal..hehehe 
 
Candi Abang adalah candi Hindu yang berada tidak jauh dari Candi Banyunibo dan Candi Barong, yaitu di dusun Candiabang, kelurahan Jogotirto, kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta, tidak jauh dari bandara Adisucipto. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-9 dan ke-10 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno. Candi yang berbentuk seperti piramid ini dinamakan Candi Abang karena terbuat dari batubata yang berwarna merah (abang dalam bahasa Jawa), dan diperkirakan mempunyai umur yang lebih muda dari candi-candi Hindu lainnya (Wikipedia Candi Abang).

Karena candi tersebut belum di ekskavasi, makanya candi abang tertutup tanah dan rerumputan hijau yang menawan. Teman-teman semua dapat naik ke atas candi abang. Candi abang terletak di wilayah kecamatan berbah. Kalau dari prambanan, teman-teman bisa menyusuri jalan prambanan-piyungan kira-kira 10km, lalu berbelok ke kanan di pertigaan sebelum pom bensin kranggan. Setelah melaju 2km teman-teman akan melihat sebuah bukit di kanan jalan. Bukit itulah yang dinamakan candi abang. Jalan ke atas puncak bukit agar susah dan di penuhi bebatuan terjal. Bagi teman-teman yang tidak terbiasa off road menggunakan sepeda motor, kami sarankan agar memarkir motornya di dekat puncak candi abang.

Dari atas bukit candi abang, teman-teman bisa melihat indahnya wilayah yogyakarta yang sangat memukau. Subhanallah... lengkap rasanya keindahan ciptaan Allah tersebut ketika dikala senja. Silauan cahaya sunset di sore hari membuat perbukitan dan pepohonan di sekitar candi abang menjadi kuning keemas-emasan. (roots-)

Candi Abang sangat rekomended bagi para mahasiswa IMPP JOGJA yang gemar berwisata. Sekedar saran, lebih baik teman-teman ke Candi Abang setelah jam 15.00 WIB untuk menikmati pemandangan sunset yang sangat indah disana.

Sebagai lampiran dan agar teman-teman lebih tertarik lagi..hehehe saya postingkan foto-foto Candi Abang yang di ambil dari web blog http://rumputliarphotography.blogspot.com







0 komentar: