ads
Kamis, 09 Februari 2012

Ahad kemarin , 5 Februari 2012 , ratusan siswa dari berbagai Sekolah Menengah tingkat Atas se-Kabupaten Pemalang berbondong-bondong berkumpul di gedung sekolah SMA Negeri 2 Pemalang. Mereka bermaksud mengikuti kegiatan Simulasi SNMPTN se-Jawa Kalimantan yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Pelajar Pemalang Jogja bekerjasama dengan pihak SIMULTAN, yakni Simulasi SNMPTN se-Jawa Kalimantan yang di gagas oleh mahasiswa-mahasiswa dari UGM yang rencananya akan diadakan rutin setiap tahun dan diawali mulai tahun ini.


Simulasi SNMPTN ini sendiri merupakan acara puncak dari agenda tahunan yang diadakan oleh IMPP Jogja yaitu Jogja Campus Action yang sebelumnya sudah mengadakan sosialisasi-sosialisasi ke SMA-SMA di Kabupaten Pemalang mulai dari Kecamatan Mbelik hingga Kecamatan Ulujami. Simulasi ini dibuat sedemikian rupa seperti SNMPTN yang sesungguhnya dengan tujuan agar para peserta Simulasi bisa mengenal medan pertempuran mereka sebelum mereka bertanding nantinya dalam SNMPTN.


“Tujuan dari Simulasi SNMPTN ini sendiri adalah untuk mempersiapkan sejak dini para adik-adik siswa tingkat SMA kelas XII khususnya dari Kabupaten Pemalang agar nantinya bisa mengukur kemampuan dirinya masing-masing sebagai bekal menghadapi SNMPTN yang sesungguhnya di kemudian hari”, tutur Arif selaku Ketua Umum IMPP Jogja.




Selanjutnya hasil yang diperoleh oleh para siswa di Pemalang ini akan di ranking secara Nasional sehingga para siswa bisa mengetahui kemampuan mereka secara kasar apabila bersaing secara Nasional dalam SNMPTN nantinya.Kegiatan simulasi ini juga dilaksanakan serempak di 16 kota di Jawa dan Kalimantan , dan nantinya akan di ambil ranking 3 besar untuk mendapatkan Hadiah dari panitia SIMULTAN pusat. Perangkingan ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para peserta Simulasi untuk bersaing secara sehat sejak awal sebelum mengikuti SNMPTN yang sesungguhnya.


Sedangkan untuk ranking dari regional Pemalang sendiri skor tertinggi diraih oleh Hilmi (IPA), Muhammad Ady Setya (IPS) dan Puti (IPC). Masing-masing peserta yang meraih predikat skor tertinggi di masing-masing bidang tersebut mendapatkan hadiah berupa satu unit handphone untuk mereka. Selain menggelar Simulasi SNMPTN, IMPP Jogja juga membuka stan-stan Universitas-Universitas baik swasta maupun negeri yang ada di Jogja seperti UGM,UNY, UIN Sunan Kalijaga, Akprind, UII, STIM YKPN, USD, ATK,UMY, dan masih banyak lagi. Hal ini mendapat respon yang sangat baik dari para peserta. Indikator tersebut dapat dilihat dari antusiasme mereka dalam meramaikan masing-masing stan baik dengan bertanya-tanya seputar Universitas tersebut ataupun hanya sekedar untuk meminta brosur yang disediakan.


Diharapkan setelah mengikuti rangkaian kegiatan Jogja Campus Action dan SIMULTAN ini nantinya para peserta bisa membiasakan diri dengan atmosfer SNMPTN yang sesungguhnya sehingga tidak mengalami banyak kesulitan dalam mengikuti SNMPTN, karena masih banyak siswa yang tidak dapat lolos SNMPTN hanya karena faktor teknis saja dan juga siswa bisa mengetahui sampai sejauh mana kemampuan Akademis mereka apabila di ukur dengan skala Nasional. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan bisa membantu para peserta untuk mendapatkan informasi secara langsung tentang kampus-kampus yang ada di Jogja dan kehidupan perkuliahannya melalui kakak-kakak mereka yang sudah terlebih dahulu melanjutkan studi di Jogja sehingga bisa menambah wawasan para peserta dan juga memotivasi mereka untuk melanjutkan studi pasca SMA ke Jogjakarta.(Derta)


Artikel dimuat dalam http://www.edukasi.kompasiana.com

0 komentar: