ads
Selasa, 02 Juni 2009

19 Desember 2008, 8:47:50


Persiapan untuk JCA 2009 benar-benar mendesak. Salah satu persiapannya adalah pembuatan Cover Proposal JCA 2009 yang diserahkan kepada saya selaku pemegang kendali seksi Pubdekdok (entah apa itu kepanjangnnya...saya nurut aja. Selagi saya mampu dan diberi arahan apa saja yang harus dilakukan).

Kata Bos IMPP yang mengutip dialog Kingdom of Heaven, 'ksatria sesungguhnya ialah dia yang mengatakan sejujurnya padahal dia tahu itu akan merugikannya'. Nah, dalam artikel kategori curhat ini, saya ingin menyampaikan uneg-uneg di hati meskipun apa yang saya utarakan ini akan merugikan saya. Setidaknya saya berani bicara langsung di depan dari pada ngedumel di belakang.

Dalam pembuatan Cover Proposal ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Banyak komentar yang sayangnya terngiang di balik punggung saya. Seharusnya jika memang tidak puas, sampaikan saja...justru itu membuat saya pribadi merasa senang dari pada di depan memuji di belakang membicarakan. Saya sendiri masih siap jika harus membuat ulang cover dan menyelesaikan tugas yang diembankan pada saya ini. Karena saya benar-benar berterimakasih atas kepercayaan teman-teman pada saya untuk melaksanakan tugas ini dan menjadi bagian orang yang berarti/berguna bagi teman-teman IMPP. Maka dari itu, I'll do my Best!!!

Kemarin hari, saking suntuknya saya dengan sengaja menamai file cover proposal dengan nama 'JCA-T*I'. Niat saya bukan untuk menghina konsep atau acara atau proker milik teman-teman IMPP ini. Saya hanya melampiaskan rasa kesal saya atas ketidakpuasan yang terselubung di balik punggung saya dan setelah itu, saya merasa lega, fresh...


Namun tidak begitu dengan beberapa teman-teman IMPP tertentu. Saya mendapat sms, 'Coy cory,bakwan eh afwan kalo antum ngrepotin ente. THANX 4 ALL !.'. Kata maaf nya saya terima, tapi yang paling tidak saya terima adalah kata-kata terakhirnya THANX 4 ALL nya itu. tersusun dengan huruf KAPITAL. Jika dalam dunia tulis menulis, ini mengisyaratkan teriakan. Sayangnya, bagi saya ini bukan say thanks yang tulus. Seakan-akan ada rasa menyesal dan kesal telah memberi kepercayaan pada saya dari sang pengirim sms. (atau cuma perasaan saya saja?)

Kalau begini caranya, saya lebih suka dicaci ketimbang dipuji. Sekali lagi, jika memang tidak puas dengan apa yang saya perbuat katakan saja. Dan sekali lagi, saya tidak bermaksud apa-apa selain melampiaskan rasa kesal dan sesal saya dengan menulis nama file dengan nama tsb di atas. Ego dalam jiwa saya pun ikut mengompori sisi emosional dalam diri saya untuk menjadi orang pada umumnya, yaitu 'merasa dirinyalah yang paling benar'.

Setelah meredam semua ini, saya teringat kata-kata Mr. KriThink. Kalau kita mau bersabar dan berpikir sejenak, kita pasti bisa menemukan solusi terbaik dari sebuah masalah. Ya...saya pun melaksanakan kata-kata itu. Dan pada akhirnya saya harus mengakui bahwa saya bukan seorang seniman tapi saya adalah seseorang yang sedang belajar membuat desain cover. Seorang seniman meluapkan emosi dan egodjiwa dalam diri melalui karyanya. Sedang seorang desainer adalah mereka yang menggambarkan keinginan para customernya dalam bentuk visual melalui hasil kerja tangan mereka.

Lalu saya? saya bukanlah seorang desainer sejati.karena apa yang saya hasilkan tidak memuaskan para customer alias teman-teman IMPP. Saya membuat cover bukan dengan jiwa seorang desainer melainkan dengan EgoDjiwa seorang seniman. Saya sesalkan ini. Seharusnya, teman-teman tidak membiarkan saya bekerja sendiri, harus ada pendamping yang mengarahkan desain seperti apa yang cocok untuk Cover Proposal JCA. Agar tidak terlihat childist, norak, terlalu jreng, terlalu rame, de-el-el. Karena jika tidak begitu, saya akan membuat Cover sesuai selera saya atau se-enak wudele inyong dan tidak akan pernah sesuai dengan selera teman-teman.

Maka dari ini...saya mohon pengertian teman-teman untuk selalu terbuka jika tidak ada kepuasan dan untuk selalu mendampingi saya dalam tugas ini. Karena saya masih culun, anak kemarin, dan belum bisa apa-apa. Saya masih belajar dan masih benar-benar membutuhkan pembimbing untuk mengarahkan setiap langkah saya agar tidak terjadi kesalahan yang berdampak negatif bagi teman-teman semua.

Dengan ini, saya memohon maaf sebesar-besarnya dan setulus-tulusnya kepada segenap teman-teman IMPP yang tergabung dalam kepanitiaan JCA 2009 karena telah menjadi seorang seniman yang lebih mementingkan EgoDjiwa dalam diri bukan sebagai seorang desainer sejati yang kalian butuhkan.


Tertanda
Mr. krithink
dalam EgoDjiwa seorang manusia

NB: Bagi teman-teman yang ingin melihat contoh Cover Proposal JCA 2009 silakan klin link ini. jangan lupa untuk memberi komentar berupa kritik, hinaan, dan cacian yang membangun. Terima kasih.

0 komentar: