ads
Selasa, 02 Juni 2009

BUKA PUASA BARENG (bubar) hehehe

Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 13 September 2008. Dalam acara ini, kami melibatkan teman-teman angkatan baru (2008) dalam kepanitiaan. Tujuan utama kami melibatkan angkatan baru dalam kepanitiaan adalah agar mereka merasa nyaman dan dibutuhkan sekaligus pengkaderisasian tersembunyi sehingga kelak pada saat pergantian kepengurusan, setidaknya teman-teman 2008 sudah terlatih meski tidak menjadi ahlinya untuk menangani kegiatan-keiatan IMPP berikutnya.


Ternyata, acara ini di hadiri oleh banyak pihak yang tidak pernah kami sangka-sangka. Hampir dari semua yang hadir dalam acara ini, adalah orang-orang baru yaitu teman-teman Pemalang angkatan 2007 yang tahun lalu tidak muncul batang anunya eh batang hidungnya dengan berbagai alasan bahwa baru tahu kalau IMPP itu ada dan bukan sekedar isu belaka. Acara ini juga dihadiri cukup banyak teman-teman dari angkatan 2008. Bahkan para panitia sangat kualahan menghadapi membludaknya peserta.


Tahun lalu, acara Buka Puasa Bersama kebanyakan dihadiri oleh angkatan atas (2005 ke atas), sedikit angkatan 2006, dan sedikit angkatan 2007. Jadi, bisa dikatakan bahwa acara tahun ini animonya lebih banyak dibanding tahun lalu. Apalagi jika angkatan 2005 ke atas juga datang. Sayangnya hanya segelintir orang yang datang dari mereka. Mungkin, beliau-beliau tidak tahu menahu tentang acara ini. Makhfum saja, tak ada satu pun dari kami yang memberi tahu. He….^_^ Bukannya kami tidak menghargai para sesepuh. Melainkan karena mereka pergi tanpa jejak yang bisa kami telusuri. Alias longko nomor telpone sing iso di calling2. Hal ini bukan berarti angkatan lalu acaranya jelek. Sekedar mensyukuri bahwa ada peningkatan animo di tahun ini yang seharusnya bisa menjadi kesempatan besar bagi kepengurusan IMPP sekarang untuk menarik minat teman-teman bergabung ke dalam kepengurusan IMPP sekarang maupun selanjutnya.


Meskipun begitu, kami tidak memungkiri adanya cela dalam keberlangsungan acara ini. Seperti contoh di atas, kurangnya komunikasi dengan angkatan sebelumnya. Lalu, dalam proses pelaksanaannya, Para Ketua Koordinator dan anggotanya tidak bekerja sesuai dengan tugas masing-masing. Bukannya tidak bekerja, tapi sebagai contohnya Koordinator Konsumsi menjadi keamanan alias tukang parkir dan menjaga motor-motor para peserta (satu pengurus merangkap dua tugas). Sehingga untuk urusan dapur terpaksa diambil alih oleh kakak-kakak yang baik hati dan imut dari angkatan 2006 (Tanx U so Muach !!! T.T). Hal ini dikarenakan kurangnya battalion atau anggota panitia yang bekerja. Seharusnya teman-teman IMPP yang merasa sudah ikut dalam kepengurusan setidaknya memiliki inisiatif atau nalar untuk langsung terjun ke medan acara dan menghandle tugas yang sekiranya masih memerlukan bantuan tenaga. Tidak perlu menunggu bola atau arahan dari Kapten dan Pelatih. Jika bola itu sudah di depan mata, maka jemputlah.


Akhirnya, setelah acara selesai. Para panitia terpaksa pulang larut untuk membahas kegagalan acara yang sepertinya tidak terlihat gagal. Setelah beradu argumen, kritik pedas yang terselubung, dan pembelaan diri yang tiada henti. Maka ditemukanlah sebuah penemuan baru. Yaitu "perasaan mengapa saya tidak dilibatkan? mengapa saya tidak diberi kepercayaan?Apa saya sudah tidak dibutuhkan? Nah jawabannya, silakan 'menjemput bola...' Tak perlu diminta, selama ada kemauan dan kemampuan untuk membantu, maka berinisiatif-lah untuk meringankan tangan teman-teman sekalian demi terciptanya sebuah acara yang nyaman untuk semua pihak.


Semoga hal ini bisa menjadi sebuah pelajaran yang berharga. Jangan pernah merasa bahwa diri kita-lah yang benar dan menuding orang lain-lah yang salah. Dan jangan pula merasa bahwa kita-lah yang bersalah sehingga berlarut-larut dalam rasa kebersalahan yang membuat kita ingin bunuh diri dengan memakan sate 40 kodi (he…mau dong!). Posisi kita di sini tidak ada yang mutlak benar dan tidak ada yang mutlak bersalah. Di sini kita semua sedang sama-sama belajar. Karena manusia lahir bukan untuk gagal tapi untuk sukses atau belajar (kata-katane iYus).


Jika teman-teman peserta kebetulan membaca artikel ini, silakan beri tanggapan tentang acara ini sehingga kelak, kesalahan seperti ini bisa diminimalisir lagi. Untuk yang ingin mengkritik, silakan berkritik yang membangun dan disertai solusinya. Terimakasih.


Author: egoDjiwa


Oya, untuk foto-foto kenangan bisa dilihat di http://www.picasa.com/imppjogja pilih sendiri album IMPP yang mau dilihat atau di copy paste

0 komentar: